Sabtu, 03 April 2010

Pembuatan Etil Asetat Melalui Reaksi Esterifikasi

Sintesis ester ini merupakan salah satu materi praktikum di Lab Kimia Dasar FMIPA UGM. Mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini dapat membantu praktikan untuk mengerjakan tugasnya. ^0^

Ok, let's begin

Suatu ester asam karboksilat ialah suatu senyawa yang mengandung gugus -CO2R dengan R dapat berbentuk alkil ataupun aril. Suatu ester dapat dibentuk dengan suatu asam karboksilat dengan suatu alkohol, reaksi ini disebut reaksi esterifikasi. Esterifikasi berkataliskan asam dan merupakan reaksi yang reversibel. Karena bersifat reversibel, untuk memperoleh rendemen yang tinggi dari ester itu, kesetimbangan harus digeser ke kanan yaitu ke arah produk (sisi ester). Percobaan ini menggunakan prinsip esterifikasi Fischer yaitu reaksi pembentukan ester dengan cara merefluks sebuah asam karboksilat bersama sebuah alkohol dengan katalis asam. Untuk pembuatan etil asetat, reaksi esterifikasi yang terjadi dalam praktikum ini:



Penjelasan lebih lanjut mengenai esterifikasi bisa dilihat disini.

Seperti banyak reaksi aldehida dan keton, esterifikasi suatu asam karboksilat melalui serangkaian tahap protonasi dan deprotonasi. Oksigen karbonil diprotonasi, alkohol nukleofilik menyerang karbon positif, dan eliminasi air akan menghasilkan ester yang dimaksud. Adapun mekanisme reaksi dari pembuatan etil asetat adalah:



Untuk setiap tahapan mekanisme esterifikasi yang lebih detail bisa klik disini.

Adapun Format Laporan Percobaan A-3 ini



yah, klo kayanya ga jelas tulisannya, bisa lihat versi pdf di Scribd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar